Air Sungai Batang Lubuh Meluap, Ratusan Rumah Warga Terendam

Air Sungai Batang Lubuh Meluap | Beritariau.com 2014

Beritariau.com, Rohul - Ratusan rumah yang berada di desa Pematang Berangan dan Babusalam Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Minggu (16/11/14) pagi terendam banjir. Banjir ini disebabkan karena meluapnya sungai Batang Lubuh yang melintasi desa itu.

Selain merendam ratusan rumah warga, banjir yang disebabkan tingginya curah hujan beberapa minggu terakhir ini, juga memutus akses jalan tuanku tambusai Pasir Pengaraian yang merupakan jalan utama di ibu kota kabupaten Rohul itu.

Akibatnya, banyak kendaraan yang terjebak di tengah banjir akibat memaksa melewati genangan air. Menurut pengakuan warga setempat meluapnya sungai batang lubuh ini terjadi secara tiba-tiba  sekitar pukul 05.00 Wib pagi dengan ketinggian air, mencapai satu setengah meter.

"Air mulai naik sekitar jam 5 pagi tadi dan banjir kali ini datangnya secara tiba-tiba sehingga kami kesulitan mengamankan barang-barang ketempat yang lebih tinggi," kata Zakaria yang merupakan warga Tulang Gajah.

Ia mengaku, banjir di desa mereka memang selalu terjadi setiap tahunnya. Kondisi ini, semakin parah akibat maraknya aksi pembalakan liar yang terjadi di Hulu Sungai Rokan yang membuat banjir sering terjadi.

Selain menghentikan kegiatan ekonomi masyarakat, banjir ini juga menjadi tontonan warga sebab fenomena banjir ini merupakan peristiwa tahunan.

Warga berharap Pemerintah dapat segera mencari solusi mengatasi permasalahan yang hampri terjadi setiap musim penghujan datang sehingga paling tidak dapat mencegah banjir menjadi lebih besar lagi. [cp]