Bekerjasama Dengan Bank BRI

Mabes Polri Sosialisasi Kartu Elektronik Anggota (E-KTA) di Riau

Penulis : user | Kamis, 21 Agustus 2014 - 16:46 WIB

E-KTA di Kepolisian | Beritariau.com 2014

Beritariau.com, Pekanbaru - Asisten Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Mabes Polri, Irjen Pol Drs Mustafa Hari Kuncoro didampingi Kapolda Riau Brigjend Pol Condro Kirono  dan Kabid Humas AKBP Guntur Aryo Tejo melakukan Sosialisasi Elektronik Kartu Tanda Anggota ( E-KTA) Polri yang nantinya akan digunakan di lingkungan Polda Riau.

Jenderal Bintang Dua Mabes Polri ini, sengaja terbang dari Jakarta ke Pekanbaru, untuk melakukan sosialisasi E-KTA Polri, di hotel Pangeran, Kamis (21/08/2014).

"Ini merupakan gebrakan inovatif Polri yang menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI), untuk melakukan pembaharuan, khususnya di segi aspek KTA Elektronik," ujar Mustafa.

Tujuannya, untuk penertiban administrasi Polri dan juga administrasi keuangan, sehingga tidak ada kebocoran serta lebih mudah memantau keuangan Polri.

"Kita terus lakukan sosialisasi dan akan segera diterapkan, dimana Polda Riau menjadi Polda Ketiga yang dilakukan sosialisasi setelah sebelumnya Polda Kalimantan Timur dan Sulawesi, lalu berikutnya berlanjut ke Polda Lampung, dan lainya," terang Mustafa.

Menurut Mustafa, pelaksanaan E-KTA di seluruh jajaran Polda akan berjalan sesuai sistem, dimana semua data anggota, sudah terintegral dan tinggal dimatchingkan (dicocokkan, red) dengan rekening pada setiap Bank yang dimiliki anggota Polri.

"Nantinya E-KTA yang lama akan digantikan dengan E-KTA yang baru berbasis online tersebut, sama halnya dengan E-KTP yang ada sekarang, dimana satu kartu memiliki banyak fungsi," ujar Mustafa.

Selain itu, sambung Mustafa, E-KTA ini juga akan dilengkapi dengan chip pengaman, seperti yang terdapat di setiap kartu ATM, dimana hanya pemilik kartu yang bisa mengoperasikan E-KTA tersebut.

"Dengan Sistem Informasi Personil Polri (SIPP) yang dimiliki Mabes saat ini, fungsi lain E-KTA  juga sebagai kontrol terhadap anggota yang melakukan disersi sehingga bisa dilakukan pemblokiran rekening," jelas Mustafa.

Pemberlakuan E-KTA  ini, tak hanya diberikan terhadap anggota Polri di seluruh Indonesia, tetapi juga terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kepolisian.

Sementara itu, Kepala Pusat Keuangan Mabes Polri Brigjend Pol Drs Bambang Giri SE MBA MH mengatakan untuk pembuatan E-KTA ini tidak ada biaya yang dikeluarkan pihak kepolisian.

"BRI dan Kepolisian melakukan kerjasama dalam pembuatan E-KTA ini saling menguntungkan, Polri tidak mengeluarkan biaya untuk mengeluarkan E-KTA tersebut," terang Bambang. [pan]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :