Seniman Meranti Go Internasional

SBG Meranti Unjuk Kebolehan di World Youth Jazz Festival Kuala Lumpur

Penulis : admin | Kamis, 09 Maret 2017 - 16:55 WIB

Beritariau.com, Pekanbaru - Sanggar Bathin Galang (SBG) dari Desa Wisata Bokor, Meranti akan menorehkan prestasi di ajang internasional, yakni di World Youth Jazz Festival yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia pada 5-7 Mei 2017 mendatang. 

Rombongan akan bertolak dari Selat Panjang bersama dengan Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi. Demikian disampaikan Ketua SBG, Sopandi S.Sos, Kamis (9/3/2017) kepada wartawan setelah menggelar silaturahmi dirumah Dinas orang nomor satu di Kepulauan Sagu tersebut.

"Alhamdulillah, responnya sangat baik, bahkan, Pak Bupati juga menyatakan bersedia ikut bersama kita ke Malaysia," kata Sopandi.

Kegiatan di negeri jiran ini, Kata Sopandi, sebagai ajang roadshow sebelum pagelaran Bokor World Music Festival (BWMF) 2017 sekaligus ajang promosi dan mencari pengalaman.

"Kita akan mempromosi BWMF dan tentang desa wisata Bokor, kita menyiapkan media berupa slide, video-video tentang Bokor dan kegiatan tahunan," tutur tokoh pariwisata dari Pulau Ransang itu.

Menurutnya, selain peserta untuk stand promosi, pihaknya juga akan menyertakan sejumlah anggota Sanggar Bathin Galang sebagai panitia maggang di acara World Youth Jazz Festival.

"Kita harap, dari kegiatan di Malaysia ini nantinya dapat diserap dan diterapkan di daerah. Baik itu bentuk pelaksnaan World Jazz-nya, sistem manajemen, kepanitiaan, dan professionalisme dalam melaksanakan kegiatan," tambah Sopandi.

Dipilihnya Malaysia sebagai tempat promosi dan magang anggota sanggar dengan pertimbangan negeri tetangga itu telah sering membuat perhelatan tingkat dunia. Selain itu, kedekatan antara beberapa pelaku seni dua negara serumpun itu telah terjalin sejak lama.

"Segi promosi wisata, kita lebih dekat ke Malaysia. Secara emosional pun sudah terjalin sejak lama," kata Sopandi.

Sedangkan tujuan atau outpot yang diharapkan dari promosi ini adalah akan ramainya datang wisatawan dari Malaysia terutama setiap iven yang digelar di Desa Bokor. 

Dalam mempromosikan daerah, dari Provinsi Riau akan hadir dua kabupaten dengan dua iven kebanggaan yaitu Bokor World Music Festival (BWMF) Desa Bokor di Kepulauan Meranti dan Bono Jazz di Pelalawan.

Untuk diketahui, BWMF tahun 2017 akan dilaksanakan tanggal 19 hingga 21 November. Beberapa grup musik yang sudah berkomunikasi dengan panitia antara lain dari Senegal, Iran, USA, Sevilla, Spanyol, Malaysia, dan Thailand. [red]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :