Destinasi Wisata Baru, Istana Kerajaan Rambah Segera Dibangun

Penulis : admin | Senin, 20 Maret 2017 - 16:39 WIB

Beritariau.com, Pekanbaru - Tampaknya, Provinsi Riau bakal memiliki tambahan destinasi wisata baru yang terletak di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Camat Rambah Muhammad Franovandi SSTP MSi bersama datuk dan ninik mamak yang tergabung dalam Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Rambah berniat untuk membangun Istana Kerajaan Rambah.

Seperti dikutip dari Mediacenterriau.com, Camat Rambah Muhammad Franovandi SSTP MSi menjelaskan, pembangunan Istana Kerajaan Rambah perlu dilakukan untuk mengembalikan eksistensi LKA Kecamatan Rambah. 

"Hal ini sesuai dengan program Plt Bupati Rohul H Sukiman. Rapat yang kami laksanakan Jumat kemarin sebagai tindak lanjut dari program tersebut," katanya, Senin (20/3/2017).

Dalam rapat yang digelar pekan lalu, ada beberapa program pembangunan yang dibahas, pertama membangun wujud atau fisik istana, rumah dan mushola di Komplek Kerajaan Rambah yang akan dibangun.

Kemudian, kembali menata makam raja-raja yang saat ini masih bertebaran di sekitaran lingkungan Luhak Rambah. 

"Jadi makam Raja-Raja Rambah yang ada di Kecamatan Rambah, Rambah Hilir, Rambah Samo dan Kecamatan Bangun Purba akan dijadikan satu di dalam komplek," terangnya.

Selanjutnya, pihaknya juga juga akan membuat autobiografi atau buku tentang Kerajaan Rambah yang sudah terbit sebelumnya. 

"Tentunya dengan kesepakatan datuk-datuk adat yang ada untuk kembali dilengkapi, inilah nanti yang akan menjadi tunjuk ajar kepada anak kemenakan di Negeri Seribu Suluk, bagaimana sebenarnya sejarah Kerajaan Rambah dari awal sampai akhir," jelas Franovandi.

Menurut Franovandi, pihaknya sudah lakukan inventarisir, dan ternyata dari zaman dahulunya, Raja Rambah memiliki tanah, yakni berlokasi didaerah sungai Kumpai Desa Rambah Kecamatan Rambah Hilir.

"Seperti kita ketahui wilayah Luhak Rambah terdiri dari 4 kecamatan, yakni Kecamatan Rambah, Rambah Hilir, Rambah Samo dan Kecamatan Bangun Purba," ungkapnya.

Karena kerajaan Rambah itu terletak di Kecamatan Rambah, katanya lagi,  pihaknya akan inventarisir seluruh aset kerajaan yang ada, khusus untuk tanahnya, nanti akan dilegalkan dan dikeluarkan suratnya sebagai tanah ulayat Kerajaan Rambah.

"Dalam waktu yang tidak begitu lama, dan secepatnya kita akan tuntaskan pembangunan istana kerajaan Rambah," janjinya. [red]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :