Dishub Pekanbaru diminta pastikan kuota armada angkutan jelang lebaran aman

Ilustrasi

Beritariau.com Pekanbaru - Kalangan Legislatif di Kota Pekanbaru meminta pemerintah setempat dalam hal ini Dinas Perhubungan (Dishub) untuk dapat menjamin kesiapan pada angkutan armada baik angkutan darat, air dan udara menjelang datangnya mudik lebaran. Termasuk kepastian kuota aman.

"Saat ini sudah seharusnya Pemko melalui Dishub mempersiapkan segala sesuatunya untuk kesiapan menjelang lebaran nantinya. Terutama dalam ketersediaan dan kondisi armada lebaran," kata Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Sigit Yuwono, Selasa (06/06/17).

Katanya lagi, yang paling utama terhadap angkutan darat, Politisi Demokrat ini meminta Dishub untuk mendata setiap PO bus yang menjual tiket, karena diperkirakan dengan membludaknya penumpang menjelang lebaran nanti dapat dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu yang tidak bertanggungjawab.

"Dishub harus dapat mendata semua penjual-penjual tiket setiap PO bus, agar dengan membludaknya penumpang nantinya tidak dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab dan agar penambahan bus dapat terkontrol dengan baik dalam pemberian izinnya," ucapnya.

Untuk itu, Sigit meminta dari sekarang Dishub turun langsung ke loket-loket bus yang menjual tiket mudik lebaran dan dapat melihat kondisi bus yang digunakan untuk armada angkutan lebaran.

"Kita minta Dishub turun kelapangan untuk melihat loket-loket dan kondisi bus untuk armada angkutan lebaran. Kita tidak ingin nantinya tiket yang diperjual belikan sudah habis, tetapi bus yang disediakan kondisinya tidak layak jalan. Ini harus dapat diantisipasi dari sekarang dan apabila ditemukan harus diberi sanksi tegas, agar menjadi pelajaran bagi yang lainnya," tandasnya.  [red]