Polisi Ngaku Kesulitan Tempuh Lokasi

Lagi, lahan di TNTN Pelalawan dibabat, dibakar lalu ditanami sawit

Penulis : admin | Minggu, 11 Juni 2017 - 20:59 WIB

DIBAKAR - Salah Satu Areal Hutan Yang Dibakar di Riau

Beritariau.com, Pelalawan - Anggota Polsek Pangkalan Kuras dan TNI dari Koramil setempat menemukan seluas 42 hektare lahan di Taman Nasional Tesso Nillo (TNTN) Kabupaten Pelalawan dibabat. 

Bahkan, 25 hektarte diantaranya dalam kondisi telah dibakar. Akibatnya, kepulan asap menyelimuti wilayah tersebut.

"Polisi dan TNI serta regu pemadam kebakaran Distrik Nilo sudah ke lokasi mencari sumber titik api. Setelah dilakukan pengecekan ke areal yang terbakar tersebut  berada di TNTN kecamatan Langgam," ujar Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan, Minggu (11/06/17).

Dikatakan Kaswandi, begitu tiba di lokasi, polisi dan TNI melihat api sudah padam namun di lahan masih mengeluarkan asap.‎ 

Sejauh ini, belum diketahui siapa pemilik lahan tersebut di taman nasional tersebut. 

"Lokasi terbakar berada di dalam kawasan TNTN yang sudah berubah fungsi menjadi perkebunan kelapa sawit. Tidak ada sumber air dan akses jalan menuju lokasi menggunakan sepeda motor dengan jarak 5 jam dari jalan lintas," kata Kaswandi.

Kepolisian masih menyelidiki siapa pelaku pembabatan kawasan hutan yang dilindungi negara tersebut. Polisi juga juga memasang garis polisi di lokasi yang terbakar.

"Itu modusnya‎ setelah ditebas, dibakar lalu mereka kabur. Lokasi itu pun bukan hutan lagi, tapi sudah semak ilalang. Kami juga melihat banyak kebun sawit di TNTN," ucap Kaswandi.

Kini polisi sedang menyelidiki pelaku yang merubah fungsi kawasan TNTN menjadi perkebunan kelapa sawit tersebut. Namun, polisi juga mengalami kesulitan karena lokasi sangat jauh dari jalan lintas.‎ [red]‎

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :