Kepolisian Dukung Dijadikan Event Wisata

Inilah keunikan tradisi Festival Pengantin Sahur di Inhil..

Penulis : admin | Minggu, 11 Juni 2017 - 21:50 WIB

FESTIVAL PENGANTIN SAHUR - Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung (Jaket Hitam) Bersama Peserta Tradisi Festival Pengantin Sahur di Tembilahan Hulu | Humas Polda Riau

Beritariau.com, Inhil - Meneruskan adat tradisi yang sudah turun temurun, masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Minggu (11/06/17) pagi tadi sekitar pukul 02.30 wib, menggelar Festival Budaya Penganten Sahur di Pasar Desa Pulau Palas Kecamatan Tembilahan Hulu.

Tradisi ini tergolong unik. Sebab,‎ seluruh pasangan pengantin adalah dari kaum pria. Sebanyak 24 pria dirias menjadi 12 pasang. Dimana 12 diantaranya dirias menjadi pengantin wanita.

Ke 12 pasang ini mewakili setiap RT, RW dan Dusun di Desa itu dirias. Setelah dirias, mereka kemudian ‎diarak keliling desa dengan dengan cara ditandu diatas kursi singgasana.

Tradisi turun temurun warga di bulan Puasa ini, didukung penuh oleh pihak kepolisian setempat.

"Festival Budaya Penganten Sahur adalah sebuah tradisi yang bertujuan membangunkan warga agar tidak ketiduran dan bisa segera makan sahur untuk menjalankan ibadah puasa. Bapak Kapolres Inhil ikut langsung menghadiri tradisi ini sebagai bentuk dukungan," ungkap Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, Minggu sore.

Dikatakannya, sebagai sebuah kearifan lokal, Festival ini sudah berlangsung sejak tahun 1970 dan selalu dilestarikan dan diselenggarakan pada setiap Bulan Suci Ramadhan pada malam minggu.

Kriteria yang dinilai, lanjutnya, adalah kecantikan dan keserasian pasangan pengantin termasuk cara mengarak para pengantin.‎

Terpisah, Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung saat sambutan Minggu pagi tadi menyatakan bahwa kegiatan ini adalah suatu hal yang sangat positif. Ia berharap tradisi ini dapat dilestarikan hingga menjadi event wisata lokal.

"Saya juga berharap tak ada kendala panitia dalam pelaksanaan kegiatan ini. Polres Inhil, bersama masyarakat Desa Pulau Palas dan pengunjung dari daerah lain di Kabupaten Inhil, akan selalu siap mengamankan kegiatan ini," kata Dolifar.

Untuk mengamankan kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 4.000 pengunjung ini, sambung Dolifar, Polres Inhil menurunkan sedikitnya 60 orang Personel dibantu oleh TNI dan panitia setempat. [red]‎‎

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :