DPRD: Tak ada alasan perusahaan tak bayarkan THR

Penulis : admin | Selasa, 13 Juni 2017 - 15:23 WIB

Ilustrasi

Beritariau.com Pekanbaru - Tak ada alasan perusahaan untuk tidak membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawannya. THR wajib dikeluarkan selambat-lambatnya sepekan sebelum hari raya Idul Fitri 1438 H. 

Pernyataan itu, merujuk kepada Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan. 

"Kalau menurut aturan itu, paling lama THR keluar satu minggu menjelang lebaran, tetapi kalau bisa dikeluarkan sekarang kenapa harus nunggu satu minggu jelang lebaran," kata Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Sondia Warman SH MH, Selasa (13/06/17).

Politisi PAN ini juga meminta Pemko dalam hal ini Disnaker Pekanbaru gencar melakukan pemberitahuan bahkan membuka posko pengaduan bagi perusahaan yang terlambat bahkan tidak mengeluarkan hak para karyawan.

"Kita ingin hak para pekerja terpenuhi, dan saya rasa jauh-jauh hari Disnaker sudah memberitaukan kepada perusahaan terkait THR ini, karena THR ini sangat dibutuhkan oleh para karyawan atau pekerja untuk keperluan hari raya," jelasnya.

Bahkan bagi perusahaan yang coba-coba menahan atau tidak mengeluarkan THR para karyawan hingga lebaran usai, Sondi minta kasus ini segera dilaporkan, baik kepada DPRD Kota Pekanbaru maupun kepada Disnaker.

"Jangan coba-coba perusahaan sampai tidak membayar THR karyawan, jika ini terjadi kita minta segera dilaporkan. Karena Undang-undang  sudah mengatur tentang THR ini, bahkan saya kira lengkap dengan sanksinya, jadi tidak ada alasan dan kewenangan perusahaan tidak membayar THR karyawan," tutupnya. [bam]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :