Walikota Pekanbaru Firdaus MT intruksikan anak buahnya evaluasi Kepsek

Ilustrasi

Beritariau.com Pekanbaru - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT mengaku geram dengan ulah oknum Kepala Sekolah (Kepsek) baik di tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

Kekesalan itu, buntut banyaknya laporan kecurangan dalam penerimaan siswa baru di Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu. Dimana, dalam laporan masyarakat masih banyak praktik Pungutan Liar (Pungli) dengan jumlah yang tak wajar.

Firdaus MT pun mengintruksikan ‎Kepala Dinas Pendidikan dan Plt Badan Kepegawaian Pemberdayaan dan Sumber Daya Manusia  (BKPSDM) Kota Pekanbaru, untuk melakukan kroscek dan bila laporan itu benar adanya, Kepsek sebagai pihak uang bertanggungjawab harus segera dievaluasi.

"Sudah saya perintahkan untuk mengevaluasi kepala sekolah yang dilaporkan oleh masyarakat itu," kata Firdaus, Senin (24/07/17).

Menurutnya, jabatan dari kepala sekolah itu adalah tugas tambahan dari pimpinan daerah. Pihak sekolah diminta tidak sewenang-wenang mengambil kebijakan di sekolah apalagi mencari keuntungan pribadi.

"Kapan saja jabatan itu bisa dipindahkan atau berganti posisi. Berlakulah bijak," tegas Firdaus.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala ‎BKPSDM Pekanbaru, M Jamil membenarkan bahwa seluruh kepala sekolah dalam waktu dekat ini akan segera dimutasi.

"Bulan depan (Agustus) kita mutasi. Semua akan kita evaluasi," cetus jamil. [bam]