Dari SD dan SMP, Kota Pekanbaru kekurangan Guru 1.100 orang

Penulis : admin | Senin, 14 Agustus 2017 - 22:37 WIB

Ilustrasi

Beritariau.com Pekanbaru - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, mengaku kekurangan tenaga didik lebih kurang 1.100 orang Guru Tidak Tetap (GTT). Dia pun mengaku kewalahan dengan kondisi tersebut dan berencana mengadukan persoalan tersebut melalui Wali Kota Pekanbaru.

"Kekurangan GTT ini akan saya sampaikan terlebih dahulu melalui Wali Kota Pekanbaru," Kata Jamal, kepasa beritariau.com, saat dikonfirmasi, Senin (14/08/17).

Dia menyebutkan, kekurangan tersebut mengingat saat ini jumlah siswa dan siswi tahun ajaran baru membludak. Selain itu, jumlah ruang kelas serta sekolah terus bertambah.

Secara rinci katanya, 1.100 orang tenaga pendidik yang dibutuhkan untuk saat ini sebanyak 700 GTT untuk Sekolah Dasar (SD) dan 400 GTT untuk sekolah menengah pertama (SMP). 

"Kalau diakumulasikan jumlahnya berkisar kurang lebih 1.100 orang. Ini yang nanti kita usulkan," jelasnya.

Menanggapi hal tersebut Wakil Ketua Komisi III DPRD kota Pekanbaru, H Marlis Kasim mengatakan, jika Pemko Pekanbaru kekurangan tenaga pendidik (PNS), perlu diusulkan melalui pusat sehingga honorer diangkat sebagai pegawai negeri.

"Sekarang ini guru honor komite sekarang yang berlatar belakang pendidik cukup besar. Harusnya itu saja diberdayakan. Kalau memang ada anggaran diusulkan langsung ke pusat supaya diangkat jadi PNS," terangnya.

Namun jika memang tidak ada, guru komite yang honornya telah diberikan insentif oleh Pemko Pekanbaru tersebut, diberdayakan oleh Pemko Pekanbaru.

"Kalau sekarangkan SK nya (guru komite,red) masih kepala sekolah. Kalau sudah ditugaskan kepala daerah maka guru komite sudah tanggung jawab pemerintah daerah, honornya juga tidak sama lagi dan disesuaikan dengan honor daerah," Pungkasnya. [bam]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :