Jadi Tersangka Korupsi

Duh! Kades di Riau ini curi dana Desa untuk bisnis pribadi

Penulis : admin | Kamis, 14 September 2017 - 17:00 WIB

ilustrasi

Beritariau.com, Rohul - Kepala Desa Kepayang, Kecamatan Kepenuhan Hulu Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berinisial An ditetapkan sebagai tersangka korupsi dana desa yang merugikan negara hingga Rp556.650.000.

Ia langsung ditahan pasca penangkapan.

Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto mengatakan, perbuatan dugaan korupsi yang dilakukan An dengan cara memalsukan tanda tangan bendahara desa agar dana itu cair, lalu menarik uang menggunakan cek.

Kasus tersebut terjadi pada 2016, duit negara yang ditilapnya itu bersumber dari sisa anggaran yang tidak digunakan atau silpa APBD untuk desa Kepayang di tahun 2015.

"Ada sisa anggaran APBDes, karena saat itu tidak terpakai semua. Nah, uang negara itu seharusnya dikembalikan lagi, tapi malah dicairkannya sendiri lalu digunakan untuk kepentingan pribadi," ujar Yusup, Kamis (14/09/17).

Saat dinterogasi penyidik, tersangka An mengaku menggunakan duit negara itu untuk berbisnis berharap meraup untuk yang berlimpah.

"Tersangka mengaku ingin bisnis investasi batubara dengan seorang pengusaha. Namun, belakangan dia merasa tertipu. Investasi itu bodong, pengusaha yang dia maksud sudah tidak bisa dihubungi lagi," kata Yusup.

Sebelum ditahan pagi tadi, An sempat diperiksa sebagai tersangka Rabu (13/09/17) siang. Setelah beberapa jam hingga Kamis pagi tadi, polisi pun melakukan penahanan terhadapnya di ruang tahanan Polres Rohul.

"Dia ditahan mulai hari ini hingga 20 hari ke depan, berkasnya masih kita lengkapi untuk dilimpahkan ke jaksa penuntutan," kata Yusup. [red]‎‎

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :