120 warga Rohil terinfeksi HIV/AIDS, apa sebab?

Penulis : admin | Selasa, 03 Oktober 2017 - 19:03 WIB

ilustrasi

Beritariau.com, Rohil - Di tahun 2017 ini, sebanyak 120 orang warga Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), dilaporkan terinfeksi virus HIV/AIDS. Hal ini diketahui ketika pemerintahan setempat melakukan sosialisasi Pencegahan dan Penanganan HIV/AIDS.

"Jumlah orang dengan penderita HIV/AIDS di Rohil berdasarkan data dari Dinas Kesehatan sebanyak 120 orang. Namun, yang terindikasi AIDS sebanyak 80 orang," kata Plt Asisten Administrasi Umum Sekda Rohil, Muzakar, Selasa (03/10/17).

Menurut Muzakar, Kabupaten Rohil berada di posisi ke empat di Riau untuk kasus virus mematikan ini. Dalam penanganan kasus tersebut, pemerintah berharap adanya peran dari pihak sukarelawan dan para petugas pendamping kesehatan.

"Sebab, mereka lebih tahu keberadaan penderita penyakit ini. Mereka bisa memantau dan menjaga hidup penderita HIV/AIDS itu," ucap Muzakar.

Sedangkan Pemkab Rohil, juga memberikan bantuan dalam menangani persoalan ini. Muzakar mengaku anggaran pemerintahannya sangat minim.

"Paling tidak, kita akan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, agar mengetahui bagaimana kehidupan yang sehat," katanya.

Muzakar menyarankan kepada dinas terkait agar ke depannya, Satpol PP melakukan penertiban, baik di Hotel, Salon, warung remang-remang maupun tempat hiburan karoke.

"Nanti kita laporkan ke pak bupati," pungkasnya. [red]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :