Diduga Hasil Pembalakan di Bukit Barisan

LIRA Kampar rilis Video & Foto dugaan aktivitas ilegal logging

Penulis : admin | Senin, 09 Oktober 2017 - 18:28 WIB

ILEGAL LOGGING - Ratusan Tual Kayu Diduga Hasil Ilegal Logging Tersusun Rapi di Bibir Sungai Siasam Kampar | Sumber : LIRA Kampar

Beritariau.com, Kampar - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Kampar mengungkap maraknya dugaan aksi pembalakan liar atau illegal logging di wilayah itu.

LSM dari DPD Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kampar, Senin (09/10/17), mengungkap temuan tersebut melalui sebuah video dan sejumlah foto yang dirilis ke Beritariau.com.

Dokumentasi itu memuat aktivitas pengangkutan kayu yang diduga hasil ilegal logging.

Melintasi sungai, ratusan tual kayu ditarik dengan menggunakan pompong. Diduga kuat, berasal dari lokasi kawasan hutan yang dibabat.

DITARIK PAKAI POMPONG - Kayu-kayu diikat dan ditarik menggunakan Pompong untuk dibawa ke suatu tempat | Sumber : LIRA Kampar

Setibanya di sebuah lokasi, kayu itu disusun rapi di bibir sungai.

DISUSUN RAPI - Setibanya di bibir sungai, ratusan tual kayu itu disusun | Sumber | LIRA KAMPAR

Kemudian dimuat ke truk-truk pengangkutan yang sudah menunggu.

DIMUAT KE TRUK - Ratusan Tual Kayu yang disusun di bibir sungai akhirnya di muat ke truk-truk untuk dibawa ke suatu tempat | Sumber : LIRA Kampar

Pimpinan LSM LIRA Kampar, Ali Halawa mengaku, kayu mengapung ditemukan di sekitar wilayah Sungai Siasam di wilayah Kampar Kiri sampai Desa Balung Kecamatan XIII Koto Kampar.

"Itu dokumentasi jaringan LIRA di XIII Koto Kampar yang diambil sekitar pekan lalu," kata Ali, Senin siang.

Temuan itu mengungkap deretan kayu mencapai ratusan meter di bibir Sungai di Desa Balung Kecamatan XIII Koto Kampar, tepatnya di sekitar perbatasan Kampar, Riau dengan Sumatera Barat. Ali menduga, kayu-kayu itu dicuri dari kawasan hutan sekitar kaki Bukit Barisan.

"Bisa saja diturunkan dari Bukit Barisan," katanya.

Ia mencium aktivitas ini sudah berlangsung sejak lama. Akibat aktivitas ini, dikhawatirkan akan mengancam lingkungan dan ekosistem.

"Kalau dibiarkan, Bukit Barisan bisa gundul. Bencana longsor yang mengancam masyarakat di hilir," kata Ali. [red]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).

Video Terkait:



Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :