Target Desember 2017

DPRD Pekanbaru menggesa 13 Ranperda usulan Pemko

Penulis : admin | Senin, 09 Oktober 2017 - 18:29 WIB

DRAFT USULAN - Pemko Pekanbaru menyerahkan draft usulan Ranperda usulan Pemko Pekanbaru melalui Badan Pembentukan Peraturan Daerah | Beritariau.com2017

Beritariau.com Pekanbaru - DPRD Kota Pekanbaru, berencana menggesa 13 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang akan disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). Target penyelesaian direncanakan berakhir sampai Desember 2017.

Hal itu diketahui saat DPRD Kota Pekanbaru, menggelar Paripurna Penyampaian 13 Belas Rancangan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru, Senin (09/10/17). 

Paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Sondia Warman didampingi Sigit Yuwono. Sementara dari Pemko Pekanbaru diwakilkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, HM Noer. Hadir juga beberapa pejabat Pemko dan Anggota DPRD Kota Pekanbaru lainnya.

Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Sondia Warman mengatakan, bahwa pihaknya saat ini tengah serius menggesa 13 Ranperda usulan dari Pemko Pekanbaru. Menurutnya, Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) serta tolak ukur kinerja legislatif dinilai dari banyaknya Perda yang disahkan.

"Semakin banyak perda yang dihasilkan dari DPRD disitulah dinilai kinerja DPRD. Karena fungsi DPRD itu salah satunya pengesahan legislasi," Kata Sondi, kepada wartawan.

Dalam penyelesaian itu, DPRD Pekanbaru melalui Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapem Perda) tengah serius mengejar target penyelesaian di bulan Desember 2017.

"Kita mengejar waktu. Mungkin satu pansus itu kita gabungkan menjadi dua ranperda gabungan. Mudah-mudahan dengan waktu tersisa ini bisa terlaksana. Karena ini bentrok juga dengan pembahasan APBD 2018," jelasnya.

Dari 13 Ranperda ini nantinya Panitia Khusus (Pansus) yang berasal dari DPRD Pekanbaru, akan menggabungkan 5-6 anggota Pansus. Jika memungkinkan 3-4 Ranperda bakal dapat diselesaikan. 

"Kita gabung-gabung. Karena ada Ranperda itu sifatnya hanya revisi. Ada revisi dua pasal. Jadi tidak membuat yang baru. Karena kalau baru butuh waktu yang lama. Akhir bulan Desember dibentuk dan disahkan menjadi Perda," tuturnya.

Sementara itu, Sekda Kota Pekanbaru HM Noer menyebutkan, dari 13 Ranperda usulan Pemko Pekanbaru ini, dua diantaranya adalah Ranperda baru yakni Ranperda tentang RPJMD dan Ranperda Penanggulangan Bencana.

"Yang lainnya lebih banyak perubahan. Kita berharap teman-teman yang ada di dewan bisa menindaklanjuti karena ini sangat dibutuhkan. Semuanya dibutuhkan dan menjadi skala prioritas," tutupnya.

Berikut 13 Ranperda usulan Pemko Pekanbaru yang ditargetkan selesai akhir Desember 2017

  1. Ranperda RPJMD Kota Pekanbaru tahun 2017-2022
  2. Ranperda koperasi, usaha mikro kecil dan menengah
  3. Ranperda perubahan atas Perda Kota Pekanbaru nomor 2 tahun 2011 tentang pajak parkir
  4. Ranperda perubahan atas Perda Kota Pekanbaru nomor 4 tahun 2011 tentang pajak reklame
  5. Ranperda perubahan atas Perda Kota Pekanbaru nomor 5 tahun 2011 tentang pajak hiburan
  6. Ranperda perubahan atas Perda Kota Pekanbaru nomor 6 tahun 2011 tentang pajak restoran
  7. Ranperda perubahan atas Perda Kota Pekanbaru nomor 7 tahun 2011 tentang pajak hotel
  8. Ranperda perubahan atas peraturan daerah kota Pekanbaru nomor 9 tahun 2012 tentang retribusi pengujian kendaraan bermotor
  9. Ranperda perubahan atas Perda Kota Pekanbaru nomor 5 tahun 2012 tentang retribusi rumah potong hewan
  10. Ranperda Retribusi Pelayanan Tera, Tera Ulang Alat-Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya serta pengujian kuanta barang dalam keadaan terbungkus
  11. Ranperda perubahan atas Perda Pekanbaru nomor 4 tahun 2002 tentang penempatan tenaga kerja lokal
  12. Ranperda bantuan hukum bagi masyarakat tidak mampu
  13. Ranperda pembentukan OPD Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru. [bam]

 

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :