Hanya Partai Perindo Yang Lengkap

Data tak singkron, DPD Partai Golkar Pekanbaru datangi KPU

Penulis : admin | Senin, 16 Oktober 2017 - 13:49 WIB

DATANGI KPU - DPD Golkar Pekanbaru, mendatangi KPU Kota Pekanbaru untuk melakukan perbaikan data SIPOL, KTA dan KTP Elektronik sebagai syarat Pemilu 2019 | Istimewa

Beritariau.com Pekanbaru - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kota Pekanbaru, Senin (16/10/17) mendatangi Kantor KPU Kota Pekanbaru. Kedatangan Anggota Partai berlambang pohon beringin ini untuk mensingkronkan data sebagai peserta Pemilu 2019 mendatang.

Sebagaimana diketahui, Pada tanggal 15 Oktober 2017 kemarin, DPP Partai Golkar resmi melakukan pendaftaran sebagai peserta Pemilu tahun 2019. Pendaftaran ini dilakukan secara serentak di Indonesia.

Dari data yang ada di KPU Kota Pekanbaru, data yang didaftarkan DPP Partai Golkar untuk Kota Pekanbaru dari aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) tercatat 1.773 dengan status dokumen dikembalikan karena belum menyerahkan salinan F2, KTA dan KTP elektronik.

"Ini bukan tidak lengkap, karena ada perbedaan data yang harus disingkronkan dari jumlah KTA, KTP  elektronik dan data yang ada di SIPOL," Kata Ketua Harian DPD Partai Golkar Pekanbaru, Roni Amriel, kepada wartawan.

Dia mengatakan bahwa DPD Partai Golkar Pekanbaru berstatus belum terverifikasi oleh KPU. Ini dikarenakan masih ada sejumlah data yang harus disingkronisasi.

Berdasarkan data di KPU Pekanbaru, bahwa KTA Partai Golkar Pekanbaru berjumlah sebanyak 1.780, jumlah KTP elektronik 1.776 sedangkan jumlah Sipol yang tercatat adalah 1.773.

Meskipun dinyatakan tidak lengkap, dia menyebutkan bahwa kedatangan pihaknya ke Kantor KPU Pekanbaru, untuk melakukan perbaikan dan singkronisasi kembali.

"Itu semua tidak masalah, karena akan segera diperbaiki. Bahkan jumlah KTA yang kita ajukan, 3 kali lebih banyak dari syarat yang diminta KPU atau sekitar 886 KTA," terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Pekanbaru, Amiruddin Sijaya membenarkan bahwa berkas DPD Partai Golkar Pekanbaru dinyatakan tidak lengkap. Dia menyebut, kelengkapan ini bukan karena adanya kekurangan syarat akan tetapi lebih kepada singkroniasi data. 

"Untuk proses perbaikan sendiri tidak akan memakan waktu lama, sehingga bisa segera di verifikasi," ucap Amiruddin.

Disebutkannya, hari ini merupakan hari terakhir pendaftaran Partai Politik yang ikut dalam bursa Pemilu 2019. Pendaftaran akan ditutup tepat pada pukul 00.00 WIB. 

Amiruddin mengungkapkan DPD Partai Golkar Pekanbaru telah melebih syarat minimal yang ditetapkan sesuai surat edaran PKPU No 580 yakni 886 KTP, 886 KTA dan 886 Sipol. 

"Sepanjang memenuhi syarat minimal yang diminta, parpol tetap akan dinyatakan diterima atau dinyatakan lengkap," ungkap Amiruddin.

Dari data yang diterima beritariau.com melalui KPU Provinsi Riau, Minggu (16/10/17) progres penyerahan salinan pendaftaran 31 Parpol di 12 KPU kabupaten/kota di Riau sampai pukul 16.30 WIB, hanya Partai Perindo yang dinyatakan lengkap.

Sementara, ada 8 Parpol yang belum melakukan upload data melalui SIPOL, 8 Parpol status dokumennya diterima, dan 14 Parpol masih melakukan proses penyerahan dokumen salinannya/dikembalikan dokumennya. [bam]

 

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :