Karya Bhakti Mahasiswa Fakultas Hukum Unilak

KBM berakhir, Kades Sorek Dua Pelalawan: Terimakasih Unilak

Penulis : admin | Minggu, 29 Oktober 2017 - 17:33 WIB

Beritariau.com, Pelalawan - Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru mengakhiri masa karya bakti mahasiswa (KBM) di Desa Sorek Dua Kabupaten Pelalawan. Kepala desa setempat mengucapkan terima kasih kepada Unilak.

KBM mahasiswa hukum Unilak ini dilaksanakan sejak 23 hingga 29 Oktober dengan jumlah 336 mahasiwa.

Mereka dibagi menjadi 14 kelompok menyebar di sejumlah desa yang ada di Kabupaten Pelalawan.

Untuk kelompok XI, misalnya, selama sepakan ini para mahasiswa mengabdi kepada masyarakat Sorek Dua, Kecamatan Pangkalan Kuras. Secara resmi, KBM kelompok XI ditutup pada Sabtu (28/10/217) malam di lapangan Voli desa setempat.

Penutupan KBM ini dipimpin langsung Kades Sorek Dua Muhamad Yanis.‎ Malam itu bertepatan ulang tahun paguyuban masyarakat Jawa, Batak dan Lampung yang disingkat Jabapung.

Dalam acara tersebut, dimeriahkan hiburan kebudayaan dengan menggelar kuda lumping atau jaran kepang.

Tradisi kuda lumping  yang merupakan kebudayaan Jawa ini sangat ramai dihadiri masyarakat desa. Dalam kesempatan itu, para perserta KBM berbaur bersama masyarakat desa‎.

Kades Sorek Dua, M Yanis mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas kehadiran seperta KBM dari mahasiswa hukum Unilak.

"Kami masyarakat desa mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa Unilak yang sudah memberikan edukasi, motivasi serta penyuluhan hukumnya kepada kami," kata Yanis diacara tersebut.

Menurut Yanis, sekalipun pelaksanaan KBM begitu singkat, namun baginya, apa yang telah dilakukan mahasiswa hukum Unilak bisa menambah pengetahuan soal hukum buat masyarakat desa setempat.

"Banyak pengetahuan hukum yang kami dapatkan dari perserta KBM ini. Karena malam ini merupakan malam terakhir, kami ucapkan juga selamat jalan untuk kembali ke kampus Unilak. Terima kasih atas segala atensinya selama melaksanakan KBM di desa kami ini," kata Yanis.

Dalam kesempatan itu, Ketua Kelompok XI KBM, Wilson L Situmorang juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat desa yang sudah menerima kehadiran para mahasiswa.

"Kami melihat sendiri, bagaimana Kades dan Ketua BPD di desa ini sangat kompak. Padahal biasanya, kondisi itu yang sering kami jumpai sangat jarang terjadi," kata Wilson.

Waktu yang singkat, sambung Wilson, telah menambah pengalaman tersendiri pagi perserta KBM Kelompok XI.

"Selama kami di desa ini, bila ada tutur kata yang kurang pada tempatnya, kiranya kami dapat dimaafkan. Walau waktu singkat hanya seminggu di sini, namun kami merasakan bagaimana kompaknya warga desa ini dan terbukanya menerima kehadiran kami. Kami merasa seperti di kampung halaman sendiri," kata Wilson.

Usai memberikan kata sambutan dari Kades, Panitia dan mahasiswa, acara selanjutnya dimeriahkan acara kuda lumping. Banyak mahasiswa hukum Unilak malah baru pertama kali menyaksikan tradisi tersebut.

"Wah, seru ada yang kesurupan. Baru kali ini saya menyaksikan kuda lumping," kata Yulmainis salah seorang mahasiswa. [red]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :