Tidak Ada Penambahan Guru PNS Baru Kurun Empat Tahun Terakhir

Pekanbaru Kekurangan 1.061Guru PNS, Berikut Rinciannya

Penulis : user | Jumat, 17 November 2017 - 21:00 WIB

Beritariau.com, Pekanbaru - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru mengaku kekurangan 1.061 guru pegawai negeri sipil (PNS). Hal itu disebabkan tidak ada penambahan guru PNS dalam kurun empat tahun terakhir, sementara pertumbuhan siswa dan gedung baru semakin meningkat.


"Dari 2013 sampai sekarang kita belum pernah ada lagi penerimaan CPNS untuk guru," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal di Pekanbaru, Jumat (17/11/17).

     
Selain penambahan ruang kelas akibat meningkatnya siswa didik, kekurangan guru juga disebabkan banyaknya PNS tenaga pengajar yang telah memasuki usia pensiun.

     
Ia mengatakan, setiap tahun sebanyak 100 hingga 150 guru dengan status PNS di ibu kota Provinsi Riau tersebut yang memasuki masa pensiun. 

     
Kondisi tersebut semakin tidak dapat terkendali saat Pemko Pekanbaru belum mendapat kejelasan kapan akan diizinkan untuk menggelar tes CPNS dengan formasi guru. 

     
Dia menjelaskan, setiap tahun Pemko Pekanbaru terus mengajukan penambahan guru baru dengan status PNS. Namun, usulan tersebut belum mendapat persetujuan dari pemerintah pusat. 

     
Bahkan, pada 2017 ini, dia mengatakan telah berupaya berkoordinasi langsung dengan mendatangi Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk pengajuan guru PNS. 

     
"Setiap tahun kita usulkan, tapi sampai sekarang belum disetujui pemerintah pusat. Bahkan tahun ini saya dengan Pak Wali sama-sama datang ke Kemenpan RB untuk mengajukan penambahan guru PNS. Tapi belum juga disetujui," ujarnya.

     
Dirinya mengakui, dari hasil koordinasi diketahui bahwa Kemenpan-RB belum dapat mengakomodir usulan Pemko Pekanbaru karena pemerintah masih fokus melakukan penambahan guru di daerah pinggiran dan terpencil. 

     
Meski begitu, 2018 mendatang, ia menuturkan pihaknya akan kembali mengajukan penerimaan CPNS untuk formasi guru. Dirinya berharap, usulan tersebut dapat ditampung oleh Pemerintah Pusat dan dapat disetujui sehingga kekurangan guru PNS di Pekanbaru dapat teratasi. 

     
Dari data yang dirangkum, kekurangan 1.061 guru di Pekanbaru terdiri dari guru jenjang pendidikan SMP kekurangan 172 guru sedangkan terbanyak kekuranganya untuk jenjang pendidikan SD yang mencapai 889 guru.

     
"Yang paling banyak kurang itu untuk guru agama dan olahraga," ujarnya. 

     
Saat ini Kota Pekanbaru memiliki sebanyak 3.800 guru PNS. Rinciannya untuk jenjang pendidikan sekolah dasar sebanyak 1.165 guru. Sedangkan untuk sekolah menengah pertama atau SMP sebanyak 2635 guru. Khusus jenjang SMA dan SMK saat ini sudah diambil oleh pemerintah provinsi. [don]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :