Hadapi Pilgubri 2018, Panwaslu Pekanbaru: tugas Panwas sangat berat

BIMTEK - Panwaslu Kota Pekanbaru menggelar sosialisasi pengawasan pemilu di Hotel Grand Elite Hotel Pekanbaru, Senin (20/11/17) | Istimewa

Beritariau.com Pekanbaru - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pekanbaru, mengimbau kepada masyarakat untuk sama-sama mengawasi tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgubri) yang dilaksanakan tahun 2018 mendatang.

Dimana, tahapan Pilkada serentak nanti, Provinsi Riau akan menggelar pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) dalam memilih pemimpin untuk lima tahun yang akan datang.

"Untuk mensukseskan pesta demokrasi tersebut, tugas dari panitia pemilu sangatlah berat terutama dalam pengawasan terhadap kecurangan-kecurangan yang mungkin saja terjadi," Kata Ketua Panwaslu Kota Pekanbaru, Indra Khalid Nasution SH, saat menggelar sosialisasi pengawasan pemilu di Hotel Grand Elite Hotel Pekanbaru, Senin (20/11/17).

Disebutkannya, dalam sosialisasi yang digelar oleh Panwaslu Kota Pekanbaru ini, pihaknya memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat.

"Tujuannya agar bisa bekerjasama dalam mengawasi tahapan demi tahapan proses Pilgubri 2018 mendatang," ungkapnya.

Kegiatan sosialisasi ini akan dilakukan selama dua hari, khusus hari ini akan memaparkan tentang kelembagaan Badan Pengawasan Pemilu dan tata cara pengawasan dalam pemilu.

Sementara, untuk kegiatan hari Selasa (21/11/17) esok, akan dilakukan pelatihan dan cara melaporkan pelanggaran pemilu yang ditemui oleh masyarakat. 

"Jadi, jika tugas pengawasan Pemilu dilakukan oleh panitia saja hasilnya tidak akan semaksimal pengawasan yang dilakukan secara masyarakat," terang Indra.

Sesuai slogan bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu, masyarakat diminta aktif mengawasi pemilu. 

"Kalau kita tidak awasi, kita khawatir akan terlena dan tidak maksimal," pungkasnya. [bam]