Kepala BPBD Riau Ucapkan Terima Kasih

Musim hujan, status Siaga Darurat Karlahut di Riau akan dicabut

Penulis : admin | Kamis, 23 November 2017 - 20:05 WIB

PEMBAKAR LAHAN - Satgas Gabungan Karlahut Riau Tangkap Pembakar Lahan Saat Patroli | Istimewa

Beritariau.com, Pekanbaru - Pemerintah Provinsi Riau menyatakan, akan mencabut status Siaga Darurat Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) tahun 2017. 

Hal tersebut disampaikan Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman. Pria yang akrab disapa Andi Rachman ini, mengaku Ia sendiri akan memimpin rapat pencabutan status tersebut dalam waktu dekat.

"Kami akan menutup Tim Satgas (Status Siaga Darurat, red) dan akan melakukan teleconference dengan pusat," katanya, Kamis (23/11/17).

Pasalnya, status siaga darurat di Riau ini sendiri akan berakhir pada 30 November 2017.

Rencana tersebut, menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger mengatakan, salah satu pertimbangan pencabutan status itu, berdasarkan hasil prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru.

"Rapat karhutla nanti akan mempertimbangkan laporan cuaca dari BMKG. Ini kan masuk musim penghujan," jelas Edwar.

Sebelum ditutup, Edwar tak lupa menyatakan rasa terima kasih kepada sejumlah pihak yang telah bekerja keras selama untuk mencegah Riau dari asap.

"Kita sampaikan rasa terima kasih kepada Kaban BNPB, Gubernur Riau, TNI, Polri, Manggala Agni, Dunia Usaha dan BPBD Kabupaten/Kota se Riau. Dan khususnya seluruh masyarakat Riau," ucapnya.

‎Seperti diketahui sebelumnya, status siaga darurat Karlahut di Riau ini telah ditetapkan pada 24 Januari 2017 lalu. Status tersebut berlaku hingga 30 April 2017 atau kurang lebih selama 96 hari.‎ Kemudian, diperpanjang lagi hingga 30 November 2017.

Waktu itu, keputusan penetapan status siaga darurat karhutla itu ditetapkan sejak dini menyusul dua kabupaten dan kota yang ada di Riau telah lebih dahulu menyatakan sudah siaga darurat di daerahnya, yakni Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). [red]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :