Banjir Melanda Pemukiman Warga di Bantaran Sungai

Dinas Sosial : 10.887 Jiwa Terdampak Banjir Pekanbaru

Penulis : user | Senin, 04 Desember 2017 - 17:39 WIB

Beritariau.com, Pekanbaru - Dinas Sosial mencatat sekitar 10.887 warga Kota Pekanbaru terdampak banjir akibat meluapnya Sungai Siak dalam empat hari terakhir. Angka itu lebih besar dari yang dilaporkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Pekanbaru sebagai "leading sector" dalam penanggulangan banjir.
     
"Di seluruh Pekanbaru berdasarkan data laporan kita dari Tagana dan lainnya sekitar 3.567 kepala keluarga atau 10.887 jiwa terdampak banjir," kata Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Chairani di Pekanbaru, Senin (4/12/12).

Banjir yang terjadi akibat luapan Sungai Siak di Pekanbaru saat ini melanda sejumlah titik pemukiman warga di Kecamatan Rumbai dan Tenayan Raya. 

Di Rumbai, banjir terjadi di Perumahan Witayu, Palas dan Meranti Pandak.  Sementara di Tenayan Raya, banjir terjadi di kawasan padat penduduk seperti di Bambu Kuning dan Rejosari. 

Sebagai langkah antisipasi, ia mengatakan Dinas Sosial Pekanbaru telah mendirikan 12 tenda pengungsian pada titik-titik banjir tersebut. Selain itu, pihaknya juga turut menyalurkan sembilan bahan pokok serta mendirikan dapur-dapur darurat. 

"Di setiap tenda darurat kita dirikan juga dapur darurat serta distribusikan Sembako," tuturnya. 

Lebih jauh, ia menuturkan saat ini terdapat sejumlah keluarga yang mengungsi akibat terdampak banjir tersebut. Namun, Chairani belum memiliki angka pasti jumlah pengungsi korban banjir. 

"Yang mengungsi sudah ada, terutama di Meranti Pandak. Namun tidak semua," tuturnya. 

Terpisah, Walikota Pekanbaru, Firdaus MT menuturkan bahwa dirinya telah meninjau sejumlah titik lokasi banjir. Firdaus mengatakan banjir yang terjadi di Pekanbaru mayoritas terjadi pada pemukiman yang berada di bibir Sungai Siak dan sejumlah anak sungai. 

"Bantuan telah kita salurkan. Yang kita fokuskan dalam penanganan banjir ini adalah anak-anak karena mereka sedang menghadapi ujian," tuturnya. [don]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :