Rakor Bawaslu Riau dengan Sahabat Wartawan

Rusidi: Wartawan Merupakan Mitra Strategis Bawaslu

Penulis : admin | Jumat, 22 Desember 2017 - 23:13 WIB

SAMBUTAN - Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan, saat membuka acara pelaksanaan Rakor tahapan pengawasan Pileg dan Pilpres tahun 2019 bersama wartawan sahabat Bawaslu Provinsi Riau | Istimewa

Beritariau.com Pekanbaru - Bagaimanapun kerja keras Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau saat ini, kalau tidak ada media tidak akan ada artinya kinerja di Bawaslu Provinsi Riau saat ini. 

Hal itulah yang disampaikan Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan, saat membuka acara pelaksanaan Rakor tahapan pengawasan Pileg dan Pilpres tahun 2019 bersama wartawan sahabat Bawaslu Provinsi Riau di hotel Grend Elite, Jumat (23/12/17). 

Dikatakannya, tugas dan peran wartawan dianggap salah satu mitra strategis bagi Bawaslu Riau terutama dalam hal memberikan informasi terkait pegawasan yang dilakukan Bawaslu Riau.

Dalam rakor yang diikuti puluhan wartawan cetak, online dan elektronik, Bawaslu Riau kini panggil wartawan dengan sebutan 'sahabat Bawaslu'

"Kita dari Bawaslu Riau sepakat memanggil nama wartawan dengan sebutan 'sahabat' bukan teman juga bukan kawan. Sebutan 'sahabat' wartawan ini sudah berdasarkan pada surat edaran Bawaslu pusat yang merupakan wujud kedekatan antara Bawaslu Riau dan wartawan," ungkap Rusidi Rusdan.

Panggilan sahabat bawaslu bagi wartawan, kata Rusidi, lebih enak didengar dari pada sebutan kawan dan teman. Sahabat merupakan orang yang bisa diajak duduk bersama baik suka dan duka. Selain itu, pengunaan kata sebutan sahabat karena sahabat dinilai orang paling dekat baik secara sosial dan hati nurani.

"Itulah sebabnya pengunaan kata sahabat bagi wartawan terasa lebih dekat dari pada kata kawan dan teman," beber Rusidi. 

Rusidi juga mengatakan wartawan merupakan kelompok ilmiah yang mempunyai idealisme.  Bawaslu dan wartawan bisa bergegam tangan dalam memberikan pengawasan terhadap pelaksanaan pileg dan pilpres.

"Saya berharap hubungan ini jadi baik, profesional tertama dalam mengekspos kerja yang ada di Bawaslu. Selain itu tujuannya juga ada semacam deklarasi bersama bersatu menyatakan Bawaslu dan wartawan telah menjalin hubungan yang baik dan diketahui masyarakat," sebutnya. 

Sementara Kasubag Teknis Administrasi Pelaporan Bawaslu Riau, Nurasni SE mengatakan kegiatan rakor tahapan pengawasan pileg dan pilpres 2019 bersama wartawan sahabat bawaslu riau ini diikuti 50 orang yang berasal dari media cetak, online dan elektronik. 

"Rakor ini berlangsung dua hari, jumat (22/12) dan sabtu (23/12) di hotel Grand Elite Pekanbaru," terangnya.

Rakor bersama wartawan ini, kata Nurasni sangat penting karena wartawan sering terlibat langsung dalam pengawasan pileg dan pilpres dilapangan. 

"Rakor ini bertujuan untuk sinergisitas pengawas tahapan pileg dan pilpres antara bawaslu dan wartawan. Selain itu, untuk mengoptimalisasi pengawasan bagi wartawan dalam pemahaman tahapan pileg dan pilpres," jelasnya.

Dalam Rakor juga dipaparkan struktur organisasi dalam rangka fasilitasi pegawasan pemilu tahun 2019 di Provinsi Riau yang disampaikan oleh pemateri Kepala Sekretariat Bawaslu Riau, Anderson Spi MSI. 

Dilanjutkan dengan pembahasan pegawasan verifikasi faktual partai politik calon peserta pemilu tahun 2019 disampaikan oleh anggota Bawaslu Riau, Neil Antariksa AMd SH MH dan juga dibahas soal prosedur pengawasan pemutakhiran data dan daftar pemilih pada Pilgubri 2018 yan Bg disampaikan oleh anggota Bawaslu Riau, Gema Wahyu Adinata SH. [red]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :