Pintu PLTA Koto Panjang dibuka, warga sekitar Sungai Kampar waspada

Penulis : user | Selasa, 02 Januari 2018 - 14:44 WIB

Pintu waduk PLTA Koto Panjang, Kampar (istimewa)

Beritariau.com, Kampar - Curah hujan tinggi beberapa hari terakhir ini terutama di hulu sungai Riau yang ada di Sumatera Barat. Bahkan daerah perbatasan yakni Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar sempat banjir dan jalan lintas putus.

Sehubungan dengan itu, Waduk PLTA Koto Panjang yang memiliki kawasan hulu di  Sumbar, juga terdampak pada naiknya permukaan air. Sejak beberapa hari terakhir, kenaikan air pada permukaan waduk PLTA Koto Panjang ini terus mengalami peningkatan.

Pagi tadi, Selasa (02/01/2018) terpantau ketinggian air sudah mendekati 80 mdpl dimana kebijakan mengenai Spillway Gate (pintu pelimpahan) akan dibuka pada Elevasi 80.5 Mdpl dengan inflow masuk lebih dari 1000 m3/second. Manajemen PLTA Koto Panjang pun hari ini juga telah mengirimkan Surat Pemberitahuan melalui Bupati Kampar bahwa pada pukul 13.00 wib siang ini.

PLTA akan membuka Spillwat Gate (pintu pelimpahan) secara bertahap sebesar 30 CM. Maka dengan dibukanya pintu air ini akan berdampak pada meningkatnya debit dan ketinggian air di sepanjang daerah aliran Sungai Kampar setinggi 30 CM hingga 60 CM. 

Kapolres Kampar AKBP Deni Okvianto SIK, MH juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat yang tinggal disepanjang bantaran Sungai Kampar, untuk berhati-hati dan sebaiknya tidak beraktivitas di kawasan sungai saat tingginya debit air Sungai Kampar ini. 

"Tingkatkan pengawasan terutama terhadap anak-anak agar tidak bermain di bantaran sungai, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," imbaunya.(bas)

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :