Tak Laporkan Akun Diblokir

Medsos 4 Paslon di Pilgubri 2018 bakal diawasi oleh Bawaslu Riau

Penulis : admin | Selasa, 13 Februari 2018 - 19:08 WIB

Ketua Bawaslu Riau - Rusidi Rusdan

Beritariau.com Pekanbaru - Tidak hanya kampanye di lapangan terbuka, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau dan jajaran yang ada dibawahnya, bakal melakukan pengawasan kampanye 4 Pasangan Calon (Paslon) lewat Media Sosial (Medsos).

Akun jejaring sosial 4 Paslon yang didaftarkan lewat KPU Provinsi Riau itu, nantinya ditembuskan oleh KPU melalui Bawaslu Riau sebagai pihak pengawas dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2018 yang diadakan di Provinsi Riau.

“Untuk satu Paslon hanya diizinkan memakai maksimal 5 akun media sosial pada ajang kampanye. Baik itu di media sosial Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya,” Kata Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan, kepada wartawan, Selasa (13/2/18).

Menurut Rusidi Rusdan, berkampanye di media sosial merupakan bagian dalam tahapan kampanye, dan sudah menjadi kewenangan pihaknya di Bawaslu untuk mengawasi sesuai aturan yang ada. 

“Saat ini laporan (medsos,red) yang dilaporkan ke KPU dan ditembuskan ke Bawaslu belum ada yang masuk. Ini (kampanye medsos,red) kewenangan kita secara umum untuk mengawasi seluruh tahapan pemilu,” jelasnya.

Pihaknya memberi warning, jika kedapatan salah satu Paslon tidak melaporkan akun media sosial yang digunakan untuk berkampanye,  maka ada sejumlah sanksi yang siap menunggu, mulai dari sanksi teguran hingga pemblokiran akun media sosial tersebut. 

"Metode berkampanye melalui media sosial ini juga diatur mengenai sanksinya, mulai dari teguran hingga pemblokiran akun media sosial yang tidak terdaftar di KPU dan bawaslu, pemblokiran media sosial tersebut tentunya dengan bekerjasama dengan pihak terkait,” pungkasnya. [red]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :