Pastikan hak pilih warga, Panwaslu Pekanbaru lakukan jelajah stiker coklit

Penulis : admin | Kamis, 15 Februari 2018 - 20:10 WIB

TURUN - Panwaslu Pekanbaru didampingi Panwascam Sukajadi, melakukan pengawasan jelajah stiker coklit di rumah warga yang berada di Kelurahan Pulau Karomah | Istimewa

Beritariau.com Pekanbaru - Panwaslu Kota Pekanbaru melakukan kegiatan jelajah pengawasan stiker pencocokan dan penelitian (coklit). Kegiatan ini dilakukan serentak di 12 Kecamatan se-Kota Pekanbaru. 

Komisioner Panwaslu Kota Pekanbaru Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Pekanbaru, Yasrif Yakup Tambusai mengatakan kegiatan ini untuk mengoptimalkan pengawasan coklit yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). 

"Setelah evaluasi kita lakukan, ternyata masih ada rumah yang belum dicoklit. Kita ingin mengkroscek itu di seluruh rumah di Pekanbaru. Tujuannya, memastikan seluruh masyarakat Pekanbaru terpenuhi hak pilih mereka," kata Yasrif di Pekanbaru, Kamis (15/2/18).

Dia menyebutkan, kegiatan pengawasan itu dilakukan tiga hari. Dimulai pada hari ini hingga 18 Februari 2018 mendatang. Khusus hari ini, jelasnya, seluruh Panwaslu Kecamatan di Pekanbaru juga ikut turun di kelurahan yang ditunjuk oleh Panwaslu Kecamatan.  

"Panwaslu Kota Pekanbaru di hari pertama ini turun di Kelurahan Pulau Karomah Kecamatan Sukajadi. Jumat dan sabtu, akan dilakukan jelajah di masing-masing kelurahan se Kota Pekanbaru dan didampingi oleh panwascam masing-masing," jelasnya. 

Jelajah pengawasan stiker coklit ini dilakukan minimal di 20 rumah masyarakat. Jadi ketika panwaslu kelurahan dan kecamatan menemukan rumah yang belum dicoklit atau ditempel stiker, akan dicatat dan dilaporkan ke Panwaslu Kota Pekanbaru. 

"Ketika ada rumah yang belum dicoklit, kita akan mendatangi dan menanyakan mengapa belum dicoklit. Kita tanyakan alasannya. Bisa jadi PPDP sudah datang namun pemilik rumah tidak ditempat," terangnya.

Sementara itu, Komisioner Panwaslu Pekanbaru bidang divisi SDM dan Organisasi, Rizqi Abadi mengatakan, jelajah pengawasan stiker coklit ini untuk memastikan dan menjaga hak pilih Warga Negara Indonesia. 

"Jadi disisa hari coklit, kami ingin memastikan WNI terdaftar yang membuhi syarat punya hak sebagai pemilih," ungkapnya.

Dia menghimbau kepada masyarakat pekanbaru apabila ada menemukan rumah warga yang tidak di coklit, segera melaporkan kepada pengawas pemilu terdekat.

"Apabila belum didatangi PPDP, meski sudah di pleno menjadi DPHP dan DPS akan turun lagi ke PPS untuk diperbaiki. Ada kesempatan bagi Panwas apabila PPDP tidak melakukan coklit," pungkasnya. [bam]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :