Helikopter Bell 430 Perkuat Satgas Karhutla Riau

Penulis : user | Rabu, 21 Maret 2018 - 15:00 WIB

Tim Satgas Karhutla Saat Menyambut Kedatangan Helikopter Bell di Pekanbaru

Beritariau.com, Pekanbaru - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirim satu unit helikopter jenis Bell 430 ke Pekanbaru. Helikopter tersebut akan memperkuat satuan tugas kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) Provinsi Riau selama status siaga berlangsung.

     
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, Rabu (21/3/18) mengatakan Helikopter tersebut akan kita optimalkan untuk patroli Karhutla.

     
Bell 430 adalah sebuah helikopter ringan-menengah bermesin ganda dibangun oleh Bell Helicopter. 


Edwar mengatakan bantuan helikopter dari pemerintah pusat tersebut akan sangat bermanfaat untuk membantu memaksimalkan pencegahan dan penanggulangan Karhutla di Riau. 

     
Helikopter yang kini parkir di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru tersebut akan terus bertugas berada di Provinsi Riau hingga status siaga darurat bencana Karhutla di wilayah itu berakhir pada Mei 2018 mendatang. 

     
"Jadi selama status siaga berlangsung, kita akan tetap maksimalkan helikopter tersebut. Namun, tetap masih ada opsi perpanjangan izin terbang jika masih kita butuhkan ke depannya," jelasnya. 

     
Selain helikopter jenis Bell 430, ia juga mengatakan BNPB akan kembali satu unit helikopter jenis Kamov. Helikopter dengan ukuran lebih besar dibanding Bell 430 tersebut akan dimanfaatkan untuk operasi pengeboman air atau pemadaman Karhutla dari udara. 

     
"Kamov sedang kita upayakan, mudah-mudahan segera tiba dan memperkuat Satgas," ujarnya. [don]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :