Dana Tagihan ke PLN

Polisi resmi sidik korupsi Dana Lampu Jalan Rohul

Penulis : admin | Rabu, 21 Maret 2018 - 22:36 WIB

ilustrasi

Beritariau.com, Rohul - Kepolisian Resor (Polres) Rokan Hulu (Rohul) mengendus adanya tindak pidana korupsi (tipikor, red) penyelewengan Dana Tagihan Penerangan Jalan Umum (PJU) di Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Rohul, untuk PT PLN.

Setelah melakukan rangkaian penyelidikan dan menemukan bukti permulaan, polisi menaikkan status kasus tersebut ke penyidikan.

"Namun untuk kerugian negara, kita masih menunggu hasil hitungan BPKP (Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan), lalu gelar perkara,” ujar Kasat Reskrim Polres Rohul, AKP Harry Avianto, Rabu (21/03/18).

Polisi juga sudah mengirim surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) ke Kejari Rokan Hulu.

Penyidik Tipikor mendalami dugaan penyelewengan uang negara sekira Rp 700 juta lebih, untuk pembayaran PJU di 4 kecamatan.

Duit itu, bersumber dari APBD Rohul tahun anggaran 2017 seharusnya dibayarkan ke PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Semestinya, uang negara itu untuk membayar PJU di  Kecamatan Rambah Hilir, Rambah, Ujung Batu dan Kecamatan Tandun hilang.

Namun sebagian uangnya diduga diselewengkan. Beberapa karyawan PT PLN dan pejabat Dishub Pemkab Rokan Hulu turut diperiksa polisi.

"Sudah 10 orang saksi yang diperiksa, nanti kalau hasil audit BPKP sudah keluar, kita lakukan gelar perkara untuk menentukan siapa-siapa saja yang terlibat,” kata Harry.

Dalam kasus itu, uang ratusan juta tersebut harusnya dibayarkan ke PLN Rayon Pasirpagaraian pada tahun 2017 lalu, namun belum dibayarkan Dishub Pemkab Rokan Hulu.

Itu yang menjadi temuan penyidik kepolisian.

Dugaan korupsi dana PJU di 4 kecamatan berawal dari laporan masyarakat. Hingga penghujung tahun 2017, ada tunggakan PJU Dishub Pemkab Rokan Hulu sekira Rp 700 juta yang belum dibayarkan ke PLN Rayon Pasir Pangaraian.

Padahal, anggaran PJU melalui APBD Rohul 2017 sekitar Rp1,4 miliar.‎ [red]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :