Usai Ranperda pengelolaan barang milik daerah di paripurnakan, Pansus DPRD bakal Stuban

Penulis : admin | Kamis, 29 Maret 2018 - 15:56 WIB

PIDATO - Plt Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, melakukan pidato di sidang Paripurna DPRD dalam menyampaikan Ranperda Kota Pekanbaru tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah | Beritariau.com2018

Beritariau.com Pekanbaru - Pemko Pekanbaru melalui Plt Walikota Pekanbaru H Ayat Cahyadi SSi menyampaikan draft Ranperda Kota Pekanbaru tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah ke DPRD Kota Pekanbaru.

Ranperda ini disampaikan melalui sidang paripurna ke-3 DPRD Kota Pekanbaru, masa sidang pertama tahun 2018, Kamis (29/3/18), dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Sigit Yuwono ST.

Ayat Cahyadi dalam pidatonya menyampaikan bahwa dengan diserahkan Ranperda ini, diharapkan anggota dewan yang terhormat melakukan rapat pembahasan secara mendalam untuk kesempurnaan Ranperda tersebut lebih lanjut.

"Aset merupakan sumber daya yang mutlak diperlukan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Aset merupakan sumber daya ekonomi yang dimiliki dan atau dikuasai oleh pemerintah sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan dari manfaat ekonomi dan atau sosial di masa depan," terang Ayat membuka pidatonya.

Untuk mewujudkan Kota Pekanbaru Smartcity yang Madani, lanjut Ayat, maka diperlukan elemen penting agar pengelolaan keuangan pemda berjalan secara efektif dan efisien, yakni terkait pengelolaan aset daerah. Baik itu aset yang dipergunakan dalam rangka pelayanan ataupun pelaksanaan tugas dan fungsi pemda.

"Ranperda ini telah disesuaikan sebagai mana yang tertuang dalam pasal 511 Pemendagri nomor 19 Nomor 2016 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah," sebut Ayat.

Lingkup Pengelolaan Barang Milik Daerah tersebut, terangnya, merupakan siklus logistik yang lebih terinci sebagai penjabaran dari siklus logistik sebagaimana yang diamanatkan dalam penjelasan pasal 49 ayat 6 UU nomor 1 tahun 2004.

"Ranperda ini perlu disahkan sehingga terciptanya pengelolaan aset yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," pungkasnya.

Sigit Yuwono usai paripurna menjelaskan, setelah menerima Ranperda ini, pihaknya akan melakukan pembahasan, yakni dengan membentuk Panitia Khusus dan melakukan studi banding nantinya ke daerah yang dianggap telah sukses menyelenggarakan Perda Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah.

"Ini tugas pokok dan fungsi kita di DPRD, kita akan jalankan semaksimal mungkin, sesuai prosedur, sehingga nanti Ranperda ini diciptakan benar-benar bermanfaat bagi daerah maupun masyarakat," terangnya.

Paripurna dimulai pukul 10.00 WIB dan berakhir pukul 11.00 WIB dilanjutkan dengan makan siang bersama di Gedung DPRD, yang telah disediakan pihak Setwan. Hadir dalam paripurna ini para Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Anggota Forkompinda, para pejabat Pekanbaru, BNN, dan tamu lainnya. [red]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :