Gedung Dua Penegakan Hukum Itu Ditargetkan Selesai Akhir 2018

Pembangunan Gedung Mapolda Riau dan Kejati Riau Dimulai

Penulis : user | Senin, 02 April 2018 - 19:07 WIB

Kapolda Riau Disela-sela Kegiatan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Mapolda Riau

Beritariau.com, Pekanbaru - Pembangunan gedung Markas Kepolisian Daerah Riau setinggi enam lantai yang berlokasi di Jalan Pattimura, Kota Pekanbaru, dimulai yang ditandai peletakan batu pertama oleh Kapolda Riau, Inspektur Jenderal Polisi Nandang, Senin (2/4/2018)

 

Selain Mapolda Riau, pada hari yang sama pembangunan gedung Kejaksaan Tinggi Riau, di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru juga telah dimulai. Itu ditandai dengan penandatanganan kesepahaman antara Kejati, kontraktor dan Pemprov Riau.

     

     

Pembangunan gedung Mapolda Riau dilakukan di komplek Sekolah Polisi Negara (SPN) Jalan Pattimura, Pekanbaru. Di lokasi tersebut nantinya gedung Mapolda Riau berikut sejumlah gedung lainnya akan menggantikan gedung lama yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman. 

     

Sementara pembangunan dimulai, Kapolda Riau Irjen Pol Nandang mengatakan peserta didik SPN Pekanbaru akan dipindah sementara ke Asrama Haji, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru. Namun, ia mengatakan dalam waktu bersamaan komplek SPN juga akan segera dibangun di Kabupaten Kampar.

     


Kapolda mengatakan gedung baru Mapolda Riau tersebut sesuai rencana akan dibangun setinggi enam lantai terdiri dari empat bangunan. Seluruh bangunan yang menelan anggaran Rp172 miliar dan bersumber dari APBD Provinsi Riau tersebut akan ditempati sejumlah Direktorat dan Bidang.

     


Diantaranya adalah Direktorat Pengamanan Objek Vital, Direktorat Sabhara, ruang tahanan, Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) hingga media center. 

     


Pembangunan gedung menara Mapolda Riau dipastikan berjalan setelah Pemerintah Provinsi Riau menganggarkan dana lebih dari Rp170 miliar pada APBD 2018 ini. Pembangunan gedung tersebut juga bagian dari proyek prioritas pemerintah setempat, selain sejumlah prioritas lainnya seperti pembangunan jalan layang dan lainnya. 

     


Selama ini, Mapolda Riau berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman dengan menggunakan gedung setinggi dua lantai. Namun, gedung tersebut tak lagi dinilai representatif menyusul meningkatkan status Mapolda Riau menjadi tipe A serta penambahan personel sementara pembangunan di lokasi itu tak memungkinkan untuk dilakukan. 

 

Sementara itu, Kejaksaan Tinggi Riau memastikan pembangunan gedung setinggi tujuh lantai dilakukan, yang juga anggarannya bersumber dari Pemerintah Provinsi Riau yang dianggarkan melalui APBD 2018. 

     

     

Pembangunan gedung setinggi tujuh lantai tersebut dianggarkan Pemerintah Provinsi Riau pada APBD 2018 sebesar Rp92 miliar lebih. Sesuai jadwal, pembangunan yang telah dimulai sejak triwulan pertama 2018 tersebut akan selesai pada Desember mendatang. 

     


Meski bangunan tersebut merupakan hibah dari Pemda setempat, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Uung Abdul Syakur menegaskan bahwa Kejati Riau tetap independen. Dia mengatakan tidak ada yang salah sebagai lembaga penegak hukum menerima hibah dari pemerintah daerah. 

     


"Ini hibah bukan dari 'person', tapi institusi pemerintah provinsi, sehingga bagi kami bukan sebuah masalah dan kami jamin independensi kami," ujarnya. 

     


Lebih jauh, Uung mengatakan bahwa anggaran Kejaksaan merupakan yang paling kecil diantara penegak hukum lainnya di Indonesia. Sebagai gambaran, setiap tahun dia mengatakan Kejati Riau dan seluruh Kejaksaan Negeri di wilayah itu hanya memperoleh dana sebesar Rp90 miliar untuk operasional. 

     


"Kejati dan seluruh Kejari satu tahun Rp90 miliar. Kita sangat-sangat kurang," ujarnya. 

     


Untuk itu, Uung berterima kasih kepada Pemprov Riau dan masyarakat bumi Lancang Kuning karena telah membantu Kejaksaan Tinggi Riau dalam membangun gedung yang dia nilai sudah tidak lagi representatif saat ini. [don]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :