Dukung Syamsuar dan Edy Natar

Unggah foto salah satu paslon di medsos 2 ASN Pelalawan kena sanksi

Penulis : admin | Rabu, 09 Mei 2018 - 22:43 WIB

Ilustrasi

Beritariau.com Pekanbaru - Dua orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pelalawan, KS pegawai di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) serta AZ pegawai Disdukcapil, diberikan sanksi oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Pemberian sanksi itu setelah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau, menerima tembusan surat rekomendasi dari KASN yang ditujukan kepada Bupati Pelalawan HM Harris, sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian setempat.

"Mereka (KS dan AZ, red) diberikan sanksi moral setelah Bawaslu menerima surat rekomendasi dari KASN yang ditujukan ke Bupati Pelalawan," Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan, dalam rilis yang diterima beritariau.com, Rabu (09/05/18).

Dijelaskannya, berdasarkan rekomendasi dari Panwaslu Kabupaten Pelalawan terhadap  pelanggaran yang telah dilakukan KS, yang bersangkutan mengunggah gambar/foto salah satu bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau (Syamsuar-Edy Nasution) pada hari Jum'at tanggal 13 Januari 2018 di akun sosial media facebook miliknya.

Akun ini, lalu dikomentari oleh saudara Az yang juga ASN di Disdukcapil Pelalawan dengan kata-kata "Membangun riau lebih baik, semoga Allah memberkati".

"Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN menerangkan bahwa setiap ASN tidak boleh berpihak dan menguntungkan salah satu calon," ucap Rusidi.

Dari hasil itu, KASN telah melakukan klarifikasi dan pengkajian secara mendalam dengan meminta informasi kepada Panwaslu Kabupaten Pelalawan beberapa waktu lalu. 

KASN berkesimpulan bahwa perbuatan KS dan AZ terbukti telah melanggar netralitas ASN dan diberikan sanksi moral berupa Pernyataan secara terbuka. 

"Alasannya, tindakan KS dan AZ dikategorikan dalam pelanggaran kode etik dan kode perilaku sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah nomor 42 tahun 2004 pasal 6 huruf h dan pasal 11 huruf c," ungkap Rusidi.

Sebagaimana diketahui, KASN  mengeluarkan surat rekomendasi kepada Bupati Pelalawan HM Harris agar memberikan sanksi Moral kepada 2 orang ASN, KS dan AZ. tindaklanjut dari KASN ini wajib dilakukan dalam waktu paling lambat 14 (empat belas) hari kerja.

Dalam surat teguran itu juga, KASN meminta bupati Pelalawan HM Harris agar memperhatikan, menghimbau, dan melaksanakan surat Menteri PANRB nomor B/71/M.SM.00.00/2017 tentang Netralitas bagi ASN pada penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018. [red]

 

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :