BNN Riau : Napi Cipinang Kendalikan Jaringan Narkoba Riau-Jakarta

Penulis : user | Rabu, 23 Mei 2018 - 21:31 WIB

Kepala BNN Riau dalam keterangan pers kepada wartawan Rabu (23/5/18)

Beritariau.com, Pekanbaru - Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama dengan BNN Provinsi Riau berhasil membongkar sindikat narkoba jaringan Riau-Jakarta.


BNN Riau menyebut jaringan itu dikendalikan oleh seorang narapidana lembaga pemasyarakatan Cipinang, Jakarta Timur. 

     
"Jaringan ini dikendalikan oleh Napi dari LP Cipinang bernama Tora alias Asiong alias Cocon," kata Kepala BNN Riau, Brigjen M Wahyu Hidayat di Pekanbaru, Rabu (23/5/18).

     
Dia menjelaskan pengungkapan kasus itu berawal saat BNN Riau menelusuri pengiriman narkoba jenis sabu-sabu melalui jasa ekspedisi Tiki. 

 

Total lima kilogram sabu-sabu berupaya dikirim melalui jalur udara dari Pekanbaru menuju Jakarta pada Kamis pekan lalu (17/5). 

     
Petugas BNN yang memperoleh informasi itu tidak langsung menyita paket sabu-sabu yang berasal dari Malaysia tersebut. 

     
Petugas justru turut terbang dan mengawal tujuan paket sabu-sabu itu ke Jakarta. Wahyu mengatakan jajarannya melakukan operasi "control delivery" terhadap paket haram itu. 

     
Sesampai di Jakarta, tim berantas BNN Riau langsung berkoordinasi dengan BNN Pusat. Hasilnya, satu persatu tersangka berhasil ditangkap. 


Sejumlah tersangka diamankan tim BNN yang tergabung dalam Tim Berantas tersebut. 

     
Kepala Bidang Pemberantasan dan Pencegahan BNN Riau, AKBP Haldun menambahkan bahwa tersangka pertama yang berhasil ditangkap berinisial AG di salah satu lobi apartemen di kawasan Jakarta Pusat.

     
Pengakuan AG, sabu-sabu itu juga akan diterima oleh tersangka atas nama BAM alias Bayu. 


"Namun ternyata, Bayu ini sudah diamankan terlebih dahulu oleh Polres Jakarta Barat. Sekarang sudah serah terima ke kita," ujarnya. 

     
Haldun mengatakan sebenarnya dua tersangka diatas merupakan pengirim paket itu dari Pekanbaru, dan terlebih dahulu terbang ke Jakarta sebelum paket tersebut tiba. 

     
Selain dua tersangka diatas, petugas juga turut menangkap sejumlah tersangka lainnya berinisial Em, EC, dan Jk. Khusus Jk alias Jeki, Haldun mengatakan saat ini sedang ditangani oleh jajaran Polresta Pekanbaru karena Jk ditangkap ketika saat akan terbang ke Jakarta mengikuti jejak dua tersangka yang terlebih dahulu dibekuk. 

     
"Jeki di Polresta Pekanbaru. Itu bagus karena ditangkap sebelum dia terbang ke Jakarta," ujarnya. 

     
Sementara Napi yang disebut sedang berada di Lapas Cipinang, dia mengatakan BNN sedang berupaya melakukan penyelidikan. 

     
"Kita sedang coba konfrontir, karena mereka ini (pengendali narkoba) punya banyak sekali nama. Namun yang pasti kaki tangan yang di Riau saya pastikan habis untuk jaringan ini," ujarnya. [don] 

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :