Haru Biru Ketika Kapolres dan Tahanan Berbuka Bersama

Penulis : user | Selasa, 05 Juni 2018 - 12:12 WIB

Beritariau.com, Pekanbaru - Senin petang (4/6/2018), suasana ruang tahanan Mapolres Kuantan Singingi mendadak berbeda 180 derajat.

Kegiatan​ buka bersama yang biasa dilakukan rutin para tahanan berbagai kasus tindak pidana itu menjadi spesial. Pasalnya, orang nomor satu di Mapolres Kuansing tiba-tiba masuk dan menyapa ramah para tahanan.

Tidak hanya itu, AKBP Fibri Karpiananto sang kapolres turut membawa berbagai makanan untuk menutup ibadah puasa yang tak luput dilakukan puluhan tahanan tersebut.

Seketika suasana haru bercampur kaget dan senang menyelimuti perasaan  total 41 tahanan  tersebut.

Beberapa di antaranya ada yang meneteskan air mata, seolah tak percaya melihat sosok Kapolres Kuantan Singingi AKBP Fibri Karpiananto mendatangi mereka sambil membawa makanan.

Satu persatu para tahanan disalami oleh Fibri, ada juga yang mencium tangan perwira tersebut. Suasana seketika berubah menjadi ceria ketika Fibri dengan ramah duduk berdampingan dengan mereka.

"Jadi tadi kami berbuka puasa dengan saudara-saudara di ruang tahanan, karena mereka menjalankan ibadah puasa," ujar Fibri.

Sesama umat muslim, hati Fibri terpanggil untuk saling berbagi dan mengingatkan. Dengan langkah semangat meski seharian bekerja sambil menjalankan ibadah puasa, Fibri membawa makanan untuk sama-sama dinikmati sebagai menu berbuka.

Fibri duduk di lantai keramik bersama para tahanan. Sebelum berbuka, perwira menengah jebolan Akademi Kepolisian tahun 1998 ini memberi nasehat kepada para tahanan.

"Kami saling bercanda dan berbincang-bincang. Saya juga mengingatkan, agar mereka tidak lagi mengulangi perbuatannya, dan jangan kembali lagi ke dalam ruangan ini jika sudah selesai menjalani hukuman nantinya," kata Fibri.

Fibri tak sendirian, dia datang bersama Wakapolres Kompol Dody Harza Kusuma, Kasat Reskrim AKP Andi Cakra Putra, Kasat Tahti Ipda Nofdial Ikhsan, serta Kepala SPKT Ipda Jumario dan sejumlah anggota lainnya.

Tak lupa pula Ustadz Malim Harahap dihadirkan untuk memberikan Tausiyah dan membacakan doa untuk para tahanan dan kepolisian. Sebagian tahanan meneteskan air mata karena terharu dengan acara buka puasa bersama itu.

"Iya tadi ada beberapa orang yang menangis, saya tanya kenapa, katanya terharu," ucap Fibri.

Bukan hanya menu berbuka puasa, Polres Kuansing juga diketahui senantiasa memberikan makanan untuk sahur para tahanan. 

Terang saja, upaya yang dilakukan Fibri serta merta mendekatkan mereka untuk terus semangat menjalani ibadah puasa, meski harus jauh dari keluarga atau layaknya umat muslim lainnya. [don]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :