Pengadilan Terima Berkas Jaksa

Kasus uang haram Oknum Polisi di Riau ini segera diadili

Penulis : admin | Kamis, 12 Juli 2018 - 19:30 WIB

ilustrasi

Beritariau.com, Pekanbaru - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru menerima pelimpahan berkas kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) haram seorang calon terdakwa yang merupakan oknum anggota Polri, Ali Honopoiah.

Berkas kasus perdagangan ilegal satwa liar dilindungi ini, diterima Pengadilan Tipikor dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru.

Awalnya, perkara pidana ini telah disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan.

"Sudah kita terima berkasnya dari jaksa," ungkap Panitera Muda (Panmud) Tipikor PN Pekanbaru, Denni Sembiring, Kamis (12/07/18).

Pengadilan juga, kata Denni, telah menunjuk majelis hakim yang nantinya akan mengadili calon terdakwa tersebut, dan telah menentukan jadwal sidang perdananya.

"Hakim ketuanya nanti Dahlia Panjaitan dan hakim anggotanya Toni Irfan dan Yanuar," lanjutnya.

Rencananya, sidang perdana akan dilangsungkan pada Selasa (17/07/18) depan.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Pekanbaru, Odit Megonondo menyatakan pihaknyan telah mempersiapkan enam orang Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk menyidangkan perkara ini.

"Tim JPU dalam perkara ini ada 6 orang," sebutnya.

Lebih lanjut dikatakannya, ‎dalam persidangan tersebut nantinya, akan terungkap fakta-fakta terkait TPPU tersebut.

Tak menutup kemungkinan adanya keterlibatan pihak lain, dengan fakta aliran dana penjualan satwa liar dilindungi jenis Trenggiling.

"Kita lihat saja nanti fakta di persidangannya," ujarnya.

Dugaan sementara, jumlah total uang yang menjadi perkara dalam TPPU ini mencapai Rp320 Juta. Uang ini berasal dari jual beli satwa liar dilindungi yang dilakukan oleh tersangka.

Dalam kasus ini, Jaksa menjerat Tersangka dengan pasal pencucian uang nomor 3 UU no 8 tahun 2010 tentang TPPU, juncto pasal 5 ayat 1 KUHPidana. [red]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :