Nyoblos 2 kali di Pilgub, Ketua KPPS Pulau Tinggi Dijatuhi Hukuman 2 Tahun Penjara

Penulis : admin | Kamis, 19 Juli 2018 - 23:04 WIB

SIDANG - Ketua KPPS Pulau Tinggi Kampar, divonis oleh Pengadilan Tinggi Bangkinang Karena Terbukti Melakukan Pencoblosan Sebanyak 2 Kali Saat Perhelatan Pilgub 2018 kemarin | Bawaslu Riau

Beritariau.com Bangkinang - Syamsuardi, Ketua KPPS di TPS 03 Desa Pulau Tinggi, Kecamatan Kampar divonis bersalah oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bangkinang, karena telah melakukan pencoblosan sebanyak 2 kali pada saat hari pemungutan suara di Pemilihan Gubernur Riau Tahun 2018.

Terdakwa dinilai telah melanggar Pasal 178A UU No. 10 tahun 2016 Tentang perubahan kedua atas UU No 01 tahun 2015 Tentang penetapan Peraturan Pemerintah pengganti UU No 01 tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati & Walikota menjadi Undang-Undang.

Dia, divonis oleh Majelis Hakim dengan hukuman 24 bulan penjara dan denda Rp24 juta, dalam persidangan pembacaan putusan, Kamis (27/7/18). Majelis Hakim diketuai Meni Warlia SH MH didampingi hakim Nurafriani Putri SH MH dan Ira Rosalin SH MH.

Berdasarkan keterangan fakta dan keterangan sejumlah saksi yang dihadirkan dalam persidangan, bahwa terdakwa terbukti melakukan pencoblosan lebih dari satu kali karena beralasan mewakilkan hak suara istrinya yang sedang sakit.

Sebelumnya, Syamsuar ditahan oleh polisi atas rekomendasi Panwaslu setempat karena ketahuan memberikan hak suara lebih dari satu kali pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tanggal 27 Juni 2018 lalu.

Terkait putusan majelis hakim, Ketua Bawaslu Provinsi Riau Rusidi Rusdan mengapresiasi sebagai wujud dari keadilan Pemilu ditegakkan dengan baik.

“Kami berterima kasih dan apresiasi kepada majelis Hakim yang telah memutus perkara ini,” katanya.

Walau, lanjut Rusidi, dirinya secara pribadi turut prihatin kasus menimpa terdakwa yang merupakan masyarakat biasa.

“Tapi kita juga harus menegakkan aturan ini demi untuk menciptakan Pilkada yang berintegritas,” pungkasnya. [red]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :