Seleksi Calon Mahasiswa via Apkasindo Riau

Dicari! 100 orang anak Petani/Buruh Tani Sawit di Riau untuk Kuliah Full Beasiswa

Penulis : admin | Rabu, 01 Agustus 2018 - 15:32 WIB

Mahasiswa D-1 Ahli Pratama Sawit | Kerjasama Apkasindo dan BPD-PKS dan Lembaga Pendidikan | Istimewa

Beritariau.com, Pekanbaru - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Provinsi Riau kembali mengadakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Angkatan ke 3, tahun ajaran 2018-2019, Program D-1 Ahli Pratama Kelapa Sawit kerjasama dengan Instiper Jogjakarta dan Politeknik Sawit CWE Cibitung-Bekasi.

Seleksi serentak ini, dilaksanakan di 22 Propinsi yang sudah memiliki perwakilan Apkasindo.

"Program Pendidikan D1 Ahli Pratama Sawit ini adalah full beasiswa. Mulai dari transportasi, uang saku bulanan, sampai ke uang kuliah, yang sumber dananya berasal dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) dibawah Kementerian Pertanian dan Kemenko Ekonomi. Tahun ini merupakan angkatan ke 3," ungkap Ketua DPW Apkasindo Riau, Ir Gulat ME Manurung‎, Rabu (01/08/18).

Gulat menerangkan, angkatan I TA 2016/2017 sudah berhasil, sebanyak 299 orang menyelesaikan pendidikan D1 Perkebunan dan sudah bekerja diberbagai sektor agrobisnis dan agroindustri perkebunan kelapa sawit.

Sedangkan angkatan ke II, saat ini sedang melakukan magang selama 3 bulan di berbagai Perusahaan Nasional dan PMA di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan dan Sulawesi Barat.

Wakil Ketua Apkasindo Riau yang juga selaku Koordinator Seleksi wilayah Riau, Sismeidinata, menerangkan bahwa ‎tingkat keberhasilan mahasiswa di kedua angkatan ini tergolong cemerlang, yakni mencapai 98,5 persen. Artinya, hanya 2 orang yang gagal dari dua angkatan.

"Itupun hanya masalah fisik. Karena memang sistem kurikulum yang diterapkan di D1 Perkebunan Sawit ini sistem Semi Militer. Karena mereka disiapkan dari segi fisik dan mental, jadi tidak hanya aspek akademisnya saja," terang Sis.

Total calon Mahasiswa D1 ini, lanjutnya, untuk seluruh Indonesia (22 Propinsi yang ada DPW Apkasindo seluruh Indonesia) adalah sebanyak 300 orang. Jumlah ini, sama seperti angkatan 1 dan 2. Dan untuk Provinsi Riau direncanakan mendapat jatah 100 orang (33,33%) dimana calon peserta tes ini berasal dari 11 DPD Apkasindo Kabupaten/Kota se Riau.

"Ini semua berkat kerja keras dan lobi dari DPW Riau sehingga Riau mendapat jatah Mahasiswa yang lebih dominan, ini tidak terlepas dari fakta bahwa Sawit Riau yang terluas diseluruh Indonesia," ujar Sismeidinata yang akrab dipanggi Badi.

Pendaftaran ini telah dilakukan selama 2 minggu secara online. Persyaratan peserta tes sangat mudah, antara lain ; tamatan SMA sederajat, anak petani kelapa sawit atau buruh tani sawit dan berasal dari keluarga berkemampuan ekonomi lemah yang ‎dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Lurah/Kepala Desa, berbadan sehat, tidak buta warna serta mendapat rekomendasi dari masing-masing DPD Apkasindo Kabupaten/Kota calon mahasiswa.

Tes ataupun seleksi dilaksanakan dengan metode tertulis dan wawancara. Lokasi seleksi berada ditiga titik (simpul).

Pertama, di SMA Negeri Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu(Rohul) pada hari Kamis 2 Agustus 2018.

Lokasi kedua, di SMK 1 Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), pada Jumat 3 Agustus 2018. Lokasi ketiga, di SMK Negeri Terpadu Pekanbaru pada Sabtu, 4 Agustus 2018.

Lokasi ini dibagi menjadi tiga titik, untuk mempermudah Calon Mahasiswa untuk mengakses lokasi seleksi, jadi masing-masing DPD Apkasindo Kabupaten/Kota sudah dibagi lokasi seleksi terdekat dengan 3 lokasi tadi.

Gulat ME Manurung mengimbau supaya semua DPD Apkasindo se Riau pro aktif membantu anak-anak petani sawit untuk mengikuti seleksi ini, terutama dalam hal mobilisasi peserta tes ke lokasi yang sudah ditetapkan.

"Ini suatu kebanggaan sekaligus harapan kita bersama yaitu bersama bahu membahu meningkatkan taraf pendidikan anak petani atau buruh tani kelapa sawit. Sekaligus salah satu upaya mewujudkan perkebunan kelapa sawit Indonesia yang berkelanjutan dan profesional, khususnya di Riau,” ungkap Gulat.

Ia mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada BPDP-KS yang telah memberikan kesempatan kepada Putra/i anak Petani/Buruh Tani kelapa sawit untuk mengenyam pendidikan di kampus idola Kelapa Sawit Indonesia. [rls]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :