Perkenalkan, ATM Beras Pertama di Riau ada di Pekanbaru

Penulis : user | Sabtu, 06 Oktober 2018 - 16:26 WIB

Sumber Foto riaupos.co

Beritariau.com, Pekanbaru - Provinsi Riau bakal segera memiliki ATM beras. ATM Beras ini difungsikan oleh Pengurus Masjid Raya Paripurna Raudhatus Shalihin, Jalan Bukit Barisan, Tangkerang Timur, Tenayan Raya, Pekanbaru.

Ketua Masjid Raya Paripurna Raudhatus Shalihin, H Arbamis, mengungkapkan, ATM Beras ini merupakan kali pertama di Provinsi Riau.

Pemakainnya akan diresmikan secara langsung oleh Ustad Abdul Somad (UAS) pada Senin mendatang (9/10/2018). Namun, rencana itu kemungkinan besar akan diundur karena UAS, begitu ustaz kondang itu akrab disapa diterpa musibah.

Informasi yang dirangkum, terdapat anggota keluarga UAS yang meninggal dunia sehingga peresmian diundur hingga pada pekan selanjutnya, namun dengan jam yang sama yakni baada Subuh, Selasa (16/10/2018).

Syarat untuk mengambil beras ini, lanjut Arbamis, setiap penerima bantuan beras harus melaksanakan Salat Maghrib dan Subuh, terlebih dahulu di Masjid Raya ini.

"Setelah salat berjamaah, baru kita perbolehkan menggunakan ATM ini dengan ATM Card yang sudah kita bagikan," ujar Arbamis, Kamis, 4 Oktober 2018.

Sejauh ini, menurut Arbamis, pengurus sudah menetapkan penerima kartu ATM sebanyak 41 orang dan mereka berada di dua RW sekitar lokasi masjid.

"Ada 41 orang yang mendapatkan kartu ATM. Mereka penerima ini penghasilannya di bawah UMR, masih menyewa rumah, dan memiliki usia tidak produktif, serta alasan lainnya," jelasnya seperti dilansir dari Kumparan.com.

ATM Beras tersebut memiliki kapasitas 240 liter dikirim langsung dari Bandung, tempat sudah terlebih dahulu menerapkannya.

"Kita berharap semua masjid di Riau bisa menerapkan hal ini, karena inilah inovasi untuk berbagi kepada mereka kurang beruntung," tuturnya.

Terkait jumlah dan intensitas beras akan dibagikan, Arbamis mengaku hal tersebut masih dalam pembahasan guna menyesuaikan dengan jumlah masyarakat yang berhak menerimanya.

"Angka ini juga kita perkirakan akan bertambah, jadi itu masih kita bahas, kita juga berencana untuk berbagi dengan yang non-muslim," tambahnya.

Terakhir, Arbamis menuturkan untuk operasional ATM ini sendiri didapat dari BAZNAS dan IZI Provinsi Riau. "Kita menghimbau agar pemerintah dan masyarakat yang hidupnya lebih beruntung untuk bisa berbagi dalam program ini," tutupnya. [Ard]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :