PT Musimas Salurkan Penghargaan Empat Desa Bebas Api

Penulis : user | Sabtu, 13 Oktober 2018 - 19:17 WIB

Beritariau.com, Pekanbaru - Sebanyak empat desa yang berada di dua kecamatan yakni, kecamatan Pangkalan Lesung dan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau memperoleh reward.

Hadiah berupa uang itu dikarenakan desa tersebut bebas dari api kebakaran hutan dan lahan.

"Keempat desa itu, antara lain, desa Batang Kulim, desa Talau, desa Pesaguan dan Kelurahan Pangkalan Lesung. Keempat desa ini mendapatkan uang masing-masing Rp 25 juta untuk pembangunan wilayah mereka," ujar ‎General Manajer PT Musim Mas, Jerry Liu‎ Sabtu (13/10/2018).

‎Selain itu, PT Musim Mas juga menggelar pelatihan pencegahan dan pengendalian kebakaran lahan dan hutan. Untuk tahun ini, perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut, telah menggelar pelatihan sama yang kedua kalinya.

Pelatihan itu disertai penyerahan reward masyarakat bebas api (MBA) bekerjasama dengan TNI, Polri, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perkebunan, BPBD, Manggala Agni, Satpol PP Damkar kabupaten Pelalawan digelar di aula PT Musim Musim Mas, Desa Batang Kulim.
 
"Kegiatan pelatihan dan pencegahan kebakaran lahan dan hutan adalah sebagai salah satu kegiatan rutin yang kami lakukan," ucap Jerry.

Menurutnya, kegiatan tersebut membuktikan PT Musim Mas sebagai salah satu perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Pelalawan, sebagai bentuk pencegahan kebakaran lahan dan hutan.

"Kegiatan kali ini adalah kegiatan untuk kedua kalinya. Untuk kegiatan terakhir digelar pada bulan Desember mendatang, sebagai kegiatan penutup tahun 2018," tegasnya.

Jerry menyebutkan, tujuan latihan tersebut untuk mendukung program pemerintah pusat dan daerah. Ini juga menindaklanjuti instruksi presiden agar kebakaran hutan tak terjadi lagi.

"Kegiatan ini adalah salah satu bagian mendukung program pemerintah. Kita sepakat bahwa kebakaran lahan dan hutan adalah musuh bersama," tegasnya.

Dikatakan Jerry, PT Musim Mas masing-masing estate dilengkapi peralatan-peralatan kebakaran dan regu pemadaman kebakaran. "Ini komitmen perusahaan, jika terjadi kebakaran lahan, regu dan alat-alat kebakaran siap diterjunkan untuk memadamkan api," terangnya.

Perusahaan memberikan reward desa bebas api, kepada desa-desa yang berbatasan dengan kawasan HGU Musim Mas. Reward ini dengan harapan masing-masing desa berpacu dan berlomba tidak terjadi kebakaran lahan di desa-desa mereka.

Hadir pada kesempatan tersebut, perwakilan BPBD, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP Damkar, Perwakilan Pemerintahan Camat Pangkalan Kuras dan Pangkalan Lesung disertai masing-masing Kapolsek, masyarakat peduli api serta PJ Kepala Desa Batang Kulim, Niskausar. [ard]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :